Fakultas Syariah Menjajaki Perjanjian Kerjasama Ke Kabupaten Kubu Raya

Fakultas Syariah IAIN Pontianak mengunjungi dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten Kubu Raya (30/12).

Menurut wakil dekan bidang akademik, kemahasiswaan, kelembagaan dan kerjasama Rasiam, MA mengatakan bahwa program ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya yang dilakukan dengan BKKBN dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat.

"Kerjasamanya seputar tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa menjadi penting untuk menjadi mitra karena kampus mempunyai tanggung jawab moril untuk melakukan pembinaan langsung kepada masyakarakt," katanya.

lanjutnya beliau mengatakan Fakultas Syariah sudah ada beberapa desa binaan di wilayah Kubu Raya. "Desa binaan ini akan coba dijadikan semacam pilot project bagi desa-desa yang lain dengan langkah awalnya yaitu meriset potensi desa terlebih dahulu, setelah dilakukan riset potensi desa, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengembangan kapasitas SDM desa agar dalam pengelolaannya tidak salah langkah,"imbuhnya.

Penelitian dan pengabdian masyatakat ini akan mengacu pada 54 indikator desa mandiri yang telah menjadi pekerjaan besar kementerian dalam negeri, kementerian desa, dan kenterian keuangan. Fakultas Syariah IAIN Pontianak mengambil bagian dari ikhtiar menuju desa mandiri tersebut. Akhir dari perbincangan ini terdapat saran strategis dari kepala dinas sosial dan pemberdayaan masyarakaat dan desa Kabupaten Kubu Raya bapak dr. Nursyam Ibrahim, M.Kes yaitu agar IAIN Pontianak segera melakukan MoU dengan pemda KKR agar perjanjian kerjasama antara dinas dengan Fakultas Syariah segera terlaksana.

Fakultas Syariah IAIN Pontianak berkomitmen
menjadi penyelenggara pendidikan yang profesional
berlandaskan Visi
Ulung dan Terbuka dalam mengintegrasikan ilmuan kesyariahan, Ilmu Hukum dan Nilai Kebudayaan Borneo

X

Right Click

No right click