Fakultas Syariah sukses gelar FGD (Focus Group Discussion) Panduan Penulisan Penelitian Mahasiswa

Pontianak (fasya.iainptk.ac.id) - Fakultas Syariah (FASYA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar (Focus Group Discussion) Panduan Penulisan Penelitian Mahasiswa. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr. Muhammad Hasan,. S.Ag,. M.Ag pada pagi hari Rabu (04/08/2021), agenda ini berlangsung secara online via aplikasi zoometing dan disiarkan secara live di YouTube resmi milik Fakultas Syariah.

Sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah menyampaikan bahwa "Untuk kedepannya mahasiswa ditargetkan dalam penyelesaian menulis skripsi dalam kurun waktu 6 bulan, namun jika ada kendala atau case tertentu dalam penelitiannya seperti kesulitan mendapatkan data maka lebih dari itu tidak apa-apa dalam catatan mengkomunikasikannya terlebih dahulu kepada dosen pembimbing. Kemudian apa yang menjadi target kita bersama pada kegiatan FGD ini semoga penyelesaian penelitian mahasiswa kedepannya dapat lebih baik dan terarah sehingga tidak merugikan diri mahasiswa, dosen pembimbing memenuhi standar BAN-PT.

Salah satu fokus penting dalam panduan ini dalam menyonsong perkembangan era-teknologi yang dimana mahasiswa wajib adaptasi dalam sebuah penelitiannya ialah kewajiban penggunaan manajemen referensi, baik itu zotero, mendeley maupun maupun fitur bawaan Microsoft pada penelitian mahasiswa . Sehingga tulisan-tulisan mahasiswa mempunyai referensi yang akurat dan dapat dipertanggungajawabkan karena dalama dalam tradisi ilmiah harus jelas notasi ilmiah,selain itu jika ada tulisan dosennya lebih baik dikutip ataupun dibaca. Kemudian, setelah selesai skripsinya, maka tulisan tersebut dikonvert menjadi artikel ilmiah untuk di upload jurnal milik fakultas Syariah yaitu jurnal al-Usroh dan al-Aqad" Jelasnya.

Adapun materi ini disampaikan oleh Ibu Nur Rahmiani,. M.Pd. yang menyampaikan bahwa "Harapan pastinya bukan hanya sekedar memenuhi kewajiban mahasiswa terkait tugas akhir dan syarat kelulusan, kami juga ingin mereka belajar berfikir kritis dan bertanggung jawab melalui karya ilmiah. SK Dekan Nomor 12.1 Tahun 2019 mendukung semua harapan itu termasuk meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa serta peningkatan ¬softskill.

Sehingga pada prinsipnya, SK tersebut menyebutkan bahwa buku Panduan Penulisan Penelitian Mahasiswa menjadi acuan dalam penyusunan skripsi mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pontianak. Panduan tersebut disusun sebagai turunan dari Buku Pedoman Skripsi IAIN Pontianak. Hal-hal yang dirasa belum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa prodi HES dan HKI kami minta peserta FGD untuk memberikan masukan sehingga buku panduan ini semakin sempurnakan. Dengan terbitnya buku panduan ini, kami menargetkan akselerasi penyelesaian tugas akhir," Ujarnya.


Dengan demikian "Skripsi itu kalau tidak dikerjakan secara rutin maka tidak akan pernah selesai. Saran saya, mahasiswa perlu mengamalkan manajemen diri melalui 4K. Komitmen (apersepsi diri anda setiap hari bahwa anda bisa memprioritaskan penyelesaian skripsi dari banyak agenda yang anda punya), Konsisten (sepakati waktu menulis dan membaca anda “biar sedikit asal rutin”), Konsultasi (jangan pernah putus konsultasi kepada dosen pembimbing), dan kedisiplinan (ikuti aturan yang berlaku di perguruan tinggi, disiplin melaksanakan ibadah, dan disiplin menjaga kesehatan). Selamat berjuang!!", Jelasnya.

Penulis : Muhammad Adib Alfarisi
Editor : Ardiansyah,. M. Hum.

Fakultas Syariah IAIN Pontianak berkomitmen
menjadi penyelenggara pendidikan yang profesional
berlandaskan Visi
Ulung dan Terbuka dalam mengintegrasikan ilmuan kesyariahan, Ilmu Hukum dan Nilai Kebudayaan Borneo

X

Right Click

No right click