Izin Kemenkumham Terbit, PKBHF Siap Ikuti Penawaran Posbakum di Berbagai Pengadilan Agama

Izin Kemenkumham Terbit, PKBHF Siap Ikuti Penawaran Posbakum di Berbagai Pengadilan Agama

Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum Fasya (PKBHF) telah resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dalam pengesahan pendirian badan hukum melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-0012080.AH.01.07. Tahun 2020. Keluarnya izin badan hukum perkumpulan ini mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Syariah IAIN Pontianak, Dr. Muhammad Hasan, M.Ag. Menurut Dekan yang ditemui di sela-sela rapat bersama pengurus PKBHF menerangkan bahwa keberadaan PKBHF di Fakultas Syariah IAIN Pontianak menjadi placement job bagi para alumni serta menjadi tempat magang dan laboratorium praktik peradilan bagi para mahasiswa di Fakultas Syariah IAIN Pontianak.
Image
"Kita berharap para alumni dapat diwadahi di dalam PKBHF sebagai tempat magang atau tempat pengembangan praktik di bidang profesi advokat. Sesuai dengan profil lulusan baik di Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) maupun Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) adalah menjadi advokat dan keberadaan PKBHF sangat pas bagi para alumni yang ingin berkarir di dunia advokat untuk belajar dan mengembangkan secara langsung di dunia praktik profesi advokat. Hal ini juga membuka peluang untuk menyelenggarakan secara rutin Pendidikan Khusus

Profesi Advokat (PKPA) dengan berbagai organisasi advokat untuk menjembatani pendidikan profesi advokat bagi para alumni maupun mahasiswa di semester akhir", tegasnya.

Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa khusus bagi yang berstatus mahasiswa, keberadaan PKBHF dapat menjadi tempat laboratorium hukum dan pengembangan softskil, khususnya dalam menunjang mata kuliah hukum acara, mata kuliah keadvokatan dan praktikum peradilan. 

 

Ketua PKBHF, Abdul Rahman, S, HI., M.H. menyambut dengan sangat antusias terbitnya izin dari Kementerian Hukum dan HAM. Menurut Abdul Rahman, S, HI., M.H. izin tersebut menjadi legalitas atau akta kelahiran bagi perkumpulan badan hukum ini. Selain itu, momen ini harus ditangkap sebagai peluang yang sangat besar bagi PKBHF untuk melebarkan sayap dan masuk ke dalam Pos Bantuan Hukum di berbagai pengadilan.

“To call asteroids the ‘rock stars’ of astronomy is simultaneously a bad joke but an accurate depiction of how astronomy fans view them.”
"PKBHF punya peluang yang sangat besar untuk berkembang mengingat sumber daya manusia yang melimpah di Fakultas Syariah. Kami bersemangat dan siap untuk melebarkan saya ke berbagai pengadilan. Kebetulan Pengadilan Agama Singkawang dan Pengadilan Agama Kubu Raya sedang proses penawaran jasa pekerjaan Pos Bantuan Hukum. Oleh karena itu, kami sudah sangat siap untuk ikut proses penawaran dan berharap dapat lolos agar para alumni dan anggota PKBHF dapat berpraktik di kantor pengadilan.